Ilmu Pendidikan Islam

BAB 1
PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP SERTA KEGUNAAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM

1. Pengertian Pendidikan Islam, Ilmu dan Ilmu Pendidikan Islam
a. Pengertian Pendidikan Islam
1. Drs. Ahmad D. Marimba
“Pendidikan Islam adalah bimbingan jasmani, rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.”
2. Abdurrohman Nahlawi
“Pendidikan Islam adalah pengaturan pribadi dan masyarakat yang karenanya dapatlah memeluk Islam secara logis dan sesuai secara keseluruhan baik dalam kehidupan individu maupun kolektif.”
3. Drs. Burlian Shomad
“Pendidikan Islam adalah pendidikan yang bertujuan membentuk individu menjadi makhluk yang bercorak diri, berderajat tinggi menurut ukuran Allah dan isi pendidikannya untuk mewujudkan tujuan itu adalah ajaran Allah”
Secara rinci Beliau mengemukakan pendidikan itu baru dapat disebut pendidikan Islam apabila memiliki ciri-ciri 2 khas yaitu:
a. Tujuannya untuk membentuk individu menjadi bercocok diri tertinggi menurut ukuran al-Qur’an.
b. Isi pendidikannya ajaran Allah yang tercantum dengan lengkap didalam al-Qur’an dan pelaksanaannya didalam praktek kehidupan sehari-hari sebagaimana yang di contohkan oleh Rasulullah SAW.

4. Mustofa al-Ghuyani
“Pendidikan Islam adalah menanamkan akhlak yang mulia didalam jiwa anak dalam masa pertumbuhannya dan menyiramnya dengan air petunjuk dan nasehat, sehingga akhlak itu menjadi salah satu kemampuan (meresap dalam) jiwanya, kemudian buahnya berwujud keutamaan, kebaikan dan cinta bekerja untuk kemanfaatan tanah air”
5. Syah Muhammad A. Naquib Alatas
“Pendidikan Islam adalah usaha yang dilakukan pendidik terhadap anak didik untuk pengenalan dan pengakuan tempat-tempat yang benar dari segala sesuatu didalam tatanan penciptaan sehingga membimbing kearah pengenalan dan pengakuan akan tempat Tuhan yang tepat didalam tatanan wujud dan kepribadiannya”
6. Prof. DR. Hasan Langgulung
Pendidikan Islam adalah pendidikan yang memiliki 3 macam fungsi, yaitu:
a. Menyiapkan generasi muda untuk memegang peranan-peranan tertentu dalam masyarakat pada masa yang akan datang. Peranan ini berkaitan erat dengan kelanjutan hidup masyarakat sendiri.
b. Memindahkan ilmu pengetahuan yang bersangkutan dengan peranan-peranan tersebut dari generasi tua kepada generasi muda.
c. Memindahkan nilai-nilai yang bertujuan memelihara keutuhan dan kesatuan masyarakat yang menjadi syarat mutlak bagi kelanjutan hidup suatu masyarakat dalam peradaban dengan kata lain tanpa nilai-nilai keutuhan (integriti) dan kesatuan (integration) suatu masyarakat, maka kelanjutan hidup tersebut tidak akan dapat terpelihara dengan baik dan akhirnya akan berkesudahan dengan kehancuran masyarakat itu sendiri.
7. Hasil seminar pendidikan Islam se-Indonesia tanggal 7 sampai 11 mei 1960 di Cipayung Bogor menyatakan:
“Pendidikan Islam adalah bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam dengan hikmah mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh dan mengawasi berlakunya semua ajaran Islam.”

b. Pengertian Ilmu
Ilmu adalah suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan mempunyai metode-metode tertentu yang bersiafat ilmiah.

c. Pengertian Ilmu Pendidikan Islam
• Ilmu pendidikan Islam adalah ilmu yang membahas persoalan-persoalan pokok pendidikan Islam dan kegiatan mendidik anak untuk di tujukkan kearah terbentuknya kepribadian Muslim.
• Ilmu pendidikan Islam adalah ilmu yang membahas proses penyampaian materi-materi ajaran Islam kepada anak didik dalam proses pertumbuhannya.

2. Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam
• Perbuatan mendidik itu sendidri (tahzib), maksudnya adalah seluruh perbuatan, tindakan dan kegiatan serta sikap yang dilakukan oleh Pendidik sewaktu mengasuh / mendidik anak didik.
• Anak didik
• Dasar dan tujuan pendidikan yaitu landasan yang menjadi fundament serta sumber dari segala kegiatan pendidikan Islam itu dilaksanakan.
• Pendidik / Guru
• Materi pendidikan Islam yaitu bahan-bahan atau pengalaman-pengalaman belajar ilmu agama Islam yang disusun sedemikian rupa untuk disajikan atau disampaikan kepada anak didik.
• Metode pendidikan Islam adalah cara yang paling teapat dilakukan oleh pendidikan untuk menyampaikan materi pendidikan Islam kepada anak didik.
• Evaluasi pendidikan adalah penilaian terhadap hasil belajar anak didik.
• Alat-alat pendidikan Islam adalah alat-alat yang digunakan dalam melaksanakan pendidikan Islam agar tujuan pendidikan Islam lebih berhasil.
• Lingkungan sekitar (milieu pendidikan Islam)

3. Kegunaan Ilmu Pendidikan Islam
• Melakukan pembuktian terhadap teori-teori kependidikan Islam yang merangkum aspirasi atau cita-cita yang harus di ikhtisarkan agar menjadi kenyataan.
• Memeberi bahan-bahan informasi dalam pelaksanaan pendidikan dalam segala aspek bagi pengembangan ilmu pengetahuan pendidikan Islam tersebut.
• Menjasi pengoreksi terhadap kekeurangan teori-teori yang terdapat dalam ilmu pendidikan Islam, sehingga kemungkinan pertemuan antara teori dan praktek semakin dekat dan bersifat interaktif.

Menurut Prof.H.M. Arifin Med, keguanaan ilmu pendidikan Islam adalah:
a. Pendidikan sebagai usaha membentuk pribadi manusia harus melalui proses panjang dengan hasil uang tidak dapat diketahui dengan segera.
b. Pendidikan Islam pada khususnya bersumberkan nilai-nilai agama Islam disamping menanamkan sikap hidup yang dijiwai nilai-nilai tersebut juga mengembangkan kemampuan berilmu pengetahuan sejalan dengan nilai-nilai Islam yang melandasinya.
c. Islam sebagai agama yang bertujuan untuk mensejahterakan dan membahagiakan hidup dan kehidupan umat manusia di dunia dan akhirat, baru dapat mempunyai arti fungsional dan actual dalam didri manusia apabila dikembangkan dalam melalui proses pendidikan Islam secara sistematis.
d. Pembentukan sikap dan nilai-nilai amaliah dalam pribadi manusia dapat dilakukan melalui proses kependidikan yang berjalan diatas kaidah-kaidah ilmu pengetahuan pendidikan.
e. Teori-teori, hipotesa, asumsi-asumsi kependidikan yang bersumberkan ajaran Islam sampai sekarang belum tersusun secara ilmiah untuk itu diperlukan penyusunan secara sistematis yang di dukung dengan hasil penilaian yang luas.

BAB 2
DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM

1. Dasar-Dasar Pendidikan Islam
a. Dasar adalah landasan tempat berpijak sesuatu agar tegak kokoh berdiri.
b. Dasar pendidikan Islam adalah fondamen yang menjadi landasan atau asas agar pendidikan Islam dapat tegak berdiri berupa idiologi yang muncul baik sekarang maupun yang akan datang.
c. Dasar-dasar pendidikan Islam ada 3 macam, yaitu: al-Qur’an, as-Sunah dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Perundang-undangan yang berlaku di Indonesia adalah:
a. UUD 1945, Pasal 29 ayat 1 dan 2
b. GBHN tahun 1993 Bidang Agama dan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa No. 22
c. UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional ( pasal 11 ayat 2 dan pasal 11 ayat 6 )

2. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam
a. Hakikat pendidikan Islam adalah proses membimbing dan mengarahkan pertumbuhan anak didik agar menjadi manusia dewasa sesuai dengan tujuan pendidikan Islam.
b. Asas pendidikan Islam adalah asas perkembangan dan pertumbuhan dalam penghidupan yang bekesinambungan antara kehidupan duniawi dan ukhrowi, jasmaniah dan rohaniah atau antara kehidupan material dan spiritual.
c. Modal dasar pendidikan Islam adalah kemauan dasar untuk berkembang dari masing-masing pribadi manusia sebagai karunia Tuhan. Kemampuan dasar ini merupakan potensi mental spiritual dan fisik yang diciptakan Tuhan sebagai fitrah yang tidak bisa dirubah atau dihapuskan, tetapi dapat diarahkan perkembangannya dalam proses pendidikan.
d. Saran strategis pendidikan Islam adalah menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai ilmu pengetahuan secara mendalam dan meluas dalam pribadi anak didik, sehingga akan terbentuk dalam dirinya sikap beriman dan bertaqwa dengan kemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.


BAB 3
TUJUAN PENDIDIKAN MENURUT ISLAM

1. Tujuan Pendidikan Islam
Tujuan adalah sasaran yang akan di capai oleh seseorang yang melakukan suatu kegiatan.
Tujuan pendidikan Islam adalah sasaran yang akan di capai oleh seseorang / sekelompok orang yang melakukan pendidikan Islam.

a. Menurut Imam Ghozali tujuan pendidikan Islam adalah pembentukan insan baik di dunia maupun di akhirat, membina insan yang taqorrub kepada Allah, bahagia di dunia dan di akhirat.
b. Menurut Prof. M. Athiyah al-Abrasyi: tujuan pendidikan Islam adalah mendidik budi pekerti dan pendidikan jiwa, mendekatkan diri kepada Allah, bukan untuk mencari pangkat dan harta serta bukan untuk bermegah-megahan.
c. Menurut Dr. Omar al-Taumy: tujuan pendidikan Islam adalah pembinaan pribadi muslim yang berpadu pada perkenbangan spiritual, jasmani, emosi, intelektual dan social.
d. Menurut Abdul Fatah Jalal: tujuan pendidikan Islam di bagi 2 macam yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum adalah untuk menjadikan manusia sebagai hamba Allah yang senantiasa mengagungkan dan membesarkan asma Allah dan meneladani Rasulullah, menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan mempelajari sesuatu yang bermanfaat dan merealisasikan tujuan yang telah di gariskan Allah.

Prof. H. M. Arifin Med. Mengemukakan bahwa tujuan teoritik terbagi 3 tingkat, yaitu:
a. Tujuan Intermediair adalah tujuan yang merupakan batas sasaran kemampuan yang harus di capai dalam proses pendidikan pada tingkat tertentu.
b. Tujuan Insidental merupakan peristiwa tertentu yang tidak di rencanakan akan tetapi dapat dijadikan sasaran dari proses pendidikan pada tujuan intermediair.
c. Tujuan Akhir adalah realisasi dari cita-cita ajaran Islam itu sendiri, yang membawa misi bagi kesejahteraan umat manusia sebagai hamba Allah lahir bathin serta dunia akhirat.
d. Tujuan Intraksional khusus, diarahkan setiap bidang studi yang harus dikuasai dan diamalkan anak didik.
e. Tujuan Intraksional umum, diarahkan pada penguasaan / pengamalan suatu bidang studi secara umum.
f. Tujuan Kurukuler adalah ditetapkan untuk dicapai melalui garis besar program pengajaran (GBPP)
g. Tujuan Intraksional adalah tujuan yang dicapai menurut program pendidikan di tiap sekolah atau lembaga pendidikan.

Ditinjau dari pembidangan tugas dan fungsi manusia, tujuan pendidikan terbagi 3 macam yaitu:
a. Tujuan Individual adalah tujuan yang menyangkut individu melalui proses belajar untuk mempersiapkan diri dalam kehidupan dunia dan akhirat.
b. Tujuan Sosial adalah tujuan yang berhubungan dengan masyarakat.
c. Tujuan Profesional adalah tujuan yang menyangkut pengajaran sebagai ilmu, seni dan profesi serta sebagai suatu kegiatan dalam masyarakat.

Di tinjau dari pelaksanaannya, tujuan pendidikan tebagi 2 macam, yaitu:
a. Tujuan Operasional adalah tujuan yang dicapai menurut program yang telah ditetapkan kurikulum.
b. Tujuan Fungsional adalah tujuan yang telah dicapai dalam arti kegunaannya baik dari aspek teoritis maupun praktis meskipun kurikulum secara operasional belum tercapai.

Apabila tujuan pendidikan Islam diklsifikasikan dengan pendekatan edukatif logis dan psikologis, maka dapat dilakukan taksonomi pendidikan Islam sebagai berikut:
a. Tujuan yang menitikberatkan kekuatan jasmaniah (al-Adhaful jasmaniah)
b. Tujuan yang menitikberatkan kekuatan rohaniah (al-Adhaful rohaniah) adalah kemampuan manusia menerima agama Islam yang inti ajarannya adalah keimanan dan ketaatan pada Allah.
c. Tujuan yang memperhatikan segi lahir, bathin, duniawi dan ukhrowi.

2. Tujuan Pendidikan Menurut Islam
Tujuan pendidikan Islam ada 4 macam, yaitu:
a. Tujuan Umum
Tujuan umum adalah tujuan yang akan dicapai dengan semua kegiatan pendidikan, baik dengan pengajaran atau dengan cara yang lainnya. Tujuan ini meliputi seluruh aspek kemanusiaan seperti sikap, tingkah laku, penampilan, kebiasaan dan pandangan. Tujuan umum harus sejajar dengan pandangan Islam pada manusia yaitu sebagai makhluk Allah yang mulia dengan akalnya, perasaannya, ilmunya dan kebudayaannya, sehingga pantas menjadi kholifah di muka bumi dan sejajar dengan tujuan pendidikan Nasional.


b. Tujuan Akhir
Tujuan akhir pendidikan Islam dapat dipahami dari firman Allah surat Ali Imron ayat 100 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu pada Allah sebenar-benarnya taqwa, dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.” Jadi kesimpulannya tujuan akhir pendidikan Islam adalah insan kamil meninggal dalam keadaan berserah diri pada Allah.

c. Tujuan Sementara
Tujuan sementara adalah tujuan yang dicapai setelah anak didik diberi sejumlah pengalaman tertentu yang durencanakan dalam suatu kurikulum pendidikan formal.Tujuan pendidikan Islam seolah-olah merupakan suatu lingkaran yang pada tingkat paling rendah merupakan suatu lingkaran yang kecil.semakin tinggi tingkatan pendidikannya, lingkalaran tersebut semakin besar. Bentuk lingkaran inilah yang menggambarkan insan kamil tersebut.

d. Tujuan Operasional
Tujuan operasional adalah tujuan praktis yang akan dicapai dengan sejumlah kegiatan pendidikan tertentu. Dalam tujuan operasional ini lebih banyak dituntut dari anak didik suatu kemampuan dan keterampilan tertentu. Kemampuan dan keterampilan yang dituntut pada anak didik merupakan sebagian lemampuan dan keterampilan insane kamil dalam ukuran anak, yang menuju pada insane kamil yang semakin sempurna.



Labels : wallpapers Mobile Games car body design Hot Deal
Search Terms : property home overseas properties property county mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah free-islamic-blogspot-template cute blogger template free-blog-skins-templates new-free-blogger-templates good template blogger template blogger ponsel Download template blogger Free Software Blog Free Blogger template Free Template for BLOGGER Free template sexy Free design Template theme blogspot free free classic bloggerskin download template blog car template website blog gratis daftar html template kumpulan templet Honda SUV car body design office property properties to buy properti new