NEGARA PERLU IDENTITAS


IDENTITAS NASIONAL
a.      Pengertian identitas nasional
Identitas berasal dari bahasa inggris yaitu identity artinya ciri-ciri ,tanda-tanda atau jati diri seseorang atau sesuatu yang membedakan dengan yang lain ,sedangkan kata nasional merupakan identitas pada kelompok-kelompok yang diikat oleh kesamaan baik fisik maupun non fisik.
a.   Pengertian umum nasionalisme
Pada awal tumbuhnya nasionalisme secara umum nasionalisme dapat dikatakan sebagai situasi kejiwaan dimana kesetiaan seseorang total diabdikan langsung kepada nation-state.
Semangat nasionalime sangat efektif sebagai alat perjuangan dimana dipakai sebagai metode perlawana dan alt identifikasi untuk mengetahui kawan atau lawan.Dalam perkembangan selanjutnya ,pengikut nasionalisme berkeyakinan persamaan cita-cita dapat diwujudkan dalam konsep Negara bangsa.
b.      Nasioanalisme Indonesia
Tumbuhnya paham nasionalisme atau paham kebangsaan Indonesia tidak lepas dari situasi sosial politik  dekade pertamam abad ke-20, para analis nasionalisme beranggapan bahwa islam memegang peran sangat penting dalm pembentukan nasionalisme sebagaimana yang dikemukan Fred R.von Der Mehden bahwa islam merupakan sarana yang paling jelas ,baik untuk membangun rasa persatuan dan kesatuan nasional maupun untuk membedakan masyarakat indonesia dari kaum penjajah.
Menurut konsep Ir.Soekarno ia mengemukakan nasionalisme yang disuarakannya bukahlah nasionalisme yang berwatak sempit,tiruan dari bangsa barat melainkan nasionalisme yang bersifat toleran, bercorak ketimuran.
b.      Unsur-unsur pembentukan identitas nasional
Identitas  nasionalisme indonesia merujuk pada suatu bangsa yang majemuk, kemajemukan ini merupakan gabungan dari unsur-unsur pembentuk identitas yaitu suku bangsa, agama, kebudayaan,dan bahasa.
a.      Suku bangsa
Suku bangsa ialah golongan sosial yang khusunya bersifat askriptif , yang coraknya dengan golongan umur dan jenis kelamin.Di Indonesia banyak terdapat suku bangsa atau kelompok etnis seperti etnis jawa, etnis bali, aceh dan lainnya.
b.      Agama
Bangsa  Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang agamis ,adapun agama-agama yang tumbuh berkembang di nusantara adalah agama islam, kristen ,katholik, budha, hindu dan kong hu cu.
Karena Indonesia merupakan negara yang multi agama , maka dapat dikatakan sebagai negara yang rawan akan disintegrasi bangsa.
c.       Kebudayaan
Kebudayaan ialah pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang berisi perangkat-perangkat atau model-model pengetahuan secara kolektif yang digunakan untuk memahami lingkungan dan sebagai pedoman dalam bertindak. Pada intinya merupakan patokan nilai-nilai etika dan moral .
Di Indonesia banyak terdapat kebudayaan yang membentuk identitas nasional sebagai bangsa yang dilahirkan dengan kemajemukan identitas.
d.      Bahasa
Bahasa merupakan pendukung identitas nasional yang dipahami sebagai sistem perlambang yang arbiter dibentuk atas unsur-unsur bunyi yang diucapkan manusia dimana digunakan sebagai sarana berinteraksi sesamanya.
Di Indonesia bayak terdapat ragam bahasa daerah yang mewakili banyaknya suku-suku bangsanya tetapi setelah kemerdekaan maka bahasa indonesia diterapkan sebagai bahasa nasional yang dulunya dikenal sebutannya bahasa melayu.

c.       Nasionalisme Indonesia dan konsep-konsep turunannya
Nasionalisme indonesia pada dasarnya berwatak inklusif dan berwawasan kemanusiaan.Pada perkembangannya, watak nasionalisme yang dikemukan tokoh-tokoh nasionalisme mempengaruhi konsep pokok tentang negara bangsa ,warga negara dan dasar negara.
a.      Negara bangsa
Konsep Negara bangsa ialah konsep tentang Negara modern bahwa suatu Negara harus memenuhi syarat-syarat pokoknya. Menurut UUD 1945 pasal 1 bahwa Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republik.
b.      Warga negara
Menurut UUD 1945 bab X pasal 26 bahwa warga negara ialah orang-orang  bangsa indonesia asli  dan orang-orang bangsa lain yang disahkan undang-undang sebagai warga negara.
c.       Dasar negara indonesia ( pancasila )



Labels : wallpapers Mobile Games car body design Hot Deal
Category:
Search Terms : property home overseas properties property county mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah free-islamic-blogspot-template cute blogger template free-blog-skins-templates new-free-blogger-templates good template blogger template blogger ponsel Download template blogger Free Software Blog Free Blogger template Free Template for BLOGGER Free template sexy Free design Template theme blogspot free free classic bloggerskin download template blog car template website blog gratis daftar html template kumpulan templet Honda SUV car body design office property properties to buy properti new