sejarah peradaban islam perang salib


Ada beberapa faktor  yang memicu terjadinya perang salib. Faktor-faktor terpenting di antaranya adalah faktor agama, ekonomi dan politik.
1.     Faktor Agama
Ketika Bait Al-maqdis (471 H) jatuh ketangan Dinasti Seljuk dari kekuasaan Fatimiyah, kemudian di tambah  peraturan-peraturan  yang di buat Penguasa Seljuk terhadap Kristen , yang demikian itulah sangat membuat resah umat kristen di kala itu .
Sikap Dinasti Seljuk membuat kemarahan orang-orang Kristen karena  menurut keyakinan mereka berkunjung ke Bait Al-Maqdis akan menghapuskan dosa dan akan mendatangkan kebahagiaan. Seorang pendeta perancis Peter  The Amiens melaporkan kepada Paus Urbanus II bahwa  orang-orang Kristen yang melakukan ibadahnya di Bait Al-Maqdis merasa terkecam oleh tindakan-tindakan Seljuk. Dalam kesempatan itu ia mengharapkan Paus Urbanus II menyatukan raja-raja Eropa Kristen untuk memerangi umat Islam dan membebaskan Bait Al-maqdis dari kekuasaan orang muslimin.
Paus Urbanus II memberikan pidato di sebuah pertemuan besar yang dihadiri orang-orang Eropa kristen dan para pendeta-pendeta. Dalam pertemuan tersebut dia berhasil membangkitkan semangat orang-orang kristen untuk melaksanakan gagasan itu. Dalam kesempatan itu pula,
Paus mengumumkan pengampunan dosa bagi yang bersedia ikut dalam perang melawan kaum Muslimin.
2.    Faktor Ekonomi
Tidak semua orang Kristen Eropa mengikuti perang itu karena faktor agama, namun ada beberapa pihak-pihak tertentu yang melibatkan diri mengikuti perang itu dengan motif-motif ekonomi. Dengan meluasnya kekuasaan wilayah Islam di kawasan laut tengah, hal ini dapat menyebabkan pedagang-pedagang besar di pantai timur laut tengah terutama di kota venice, Genoa dan pisa semakin lama semakin terancam. Mereka berkeinginan menaklukan kota-kota dagang yang telah di kuasai Islam. Sehingga mereka dapat  memperluas kawasan dagang mereka.
Di sisi lain para budak-budak kristen yang bekerja di ladang-ladang mendapat peluang untuk mendapatkan kemerdakaan melalui perang Saib ini.
3.    Faktor Politik
       Faktor inilah yang paling utama penyebab terjadinya perang Salib. Setelah kekalahan kekaisaran Bizantium di pertempuran Manzikert  dan jatuhnya Anatolia ke bawah kekuasaan Dinasti Seljuk mendorong kekaisaran Konstantinopel meminta bantuan kepada Paus Urbanus II untuk mengembalikan kekuasaannya di daerah-daerah yang telah di kuasai Dinasti Seljuk dan membalas kekalahan sebelumnya.
Namun, di balik itu semua ada pula orang –orang yang berambisi besar mendirikan kerajaan-kerajaan baru yang bebas dan merdeka. Hal ini dibuktikan dengan adanya kerajaan-kerajaan kecil Kristen yang berdiri sendiri-sendiri setelah perang Salib 1 yang di menangkan oleh Kristen. Walaupun sebenarnya mereka masih tunduk kepada raja Kristen yang berkedudukan di Bait Al-maqdis.



Labels : wallpapers Mobile Games car body design Hot Deal
Search Terms : property home overseas properties property county mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah free-islamic-blogspot-template cute blogger template free-blog-skins-templates new-free-blogger-templates good template blogger template blogger ponsel Download template blogger Free Software Blog Free Blogger template Free Template for BLOGGER Free template sexy Free design Template theme blogspot free free classic bloggerskin download template blog car template website blog gratis daftar html template kumpulan templet Honda SUV car body design office property properties to buy properti new