sejarah peradaban Islam sebelum islam datang


A.     GEOGRAFIS TANAH ARAB
 Secara keseluruhan luas wilayah  ini diperkirakan sekitar 1.200.000 mil persegi. Tanah Arab ini berbatasan sebelah:

a)      Utara dengan Palestina, Syiria dan Irak;
b)      Selatan dengan Lautan Hindia;
c)      Timur dengan Teluk Persia dan Oman; dan
d)     Barat dengan Laut Merah.
Keadaan  tanahnya sebagian besar terdiri  dari  Padang Pasir tandus, bukit dan batu, terutama bagian tengah. Sedang bagian  selatan  atau bagian pesisir pada umumnya tanahnya cukup  subur.[1]
Biasanya, dalam pembicaraan wilayah geografis yang didiami bangsa arab sebelum islam, orang yang membatasi pembicaraan hanya pada jazirah Arab, padahal bangsa arab juga memang merupakan kediaman mayoritas bangsa Arab kala itu. Jazirah Arab terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu bagian tengah dan bagian pesisir. Di sana tidak ada sungai yang mengalir tetap, yang ada hanya lembah-lembah berair di musim hujan. Sebagian besar daerah Jazirah adalah padang pasir sahara yang terletak ditengah dan memiliki keadaan dan sifat yang berbeda-beda, karena itu ia bisa dibagi menjadi tiga bagian.[2]
a)      Sahara Langit memanjang 140 mil dari Utara ke selatan dan 180 mil dari Timur ke Barat, disebut juga Sahara Nufud.
b)      Sahara Selatan yang membentang menyambung Sahara Langit ke Arah Timur sampai Selatan Persia. Daerah ini juga disebut dengan al-Rub’ al-Khali ( Bagian yang sepi ).
c)      Sahara Harrat, suatu daerah yang terdiri dari tanah liat yang berbatu hitam bagaikan terbakar. Gugudan batu batu itu menyebar dikeluasan Sahara ini, Seluruhnya mencapai 29 buah.
Penduduk Sahara sangat sedikit terdiri dari suku-suku badui yang mempunyai gaya hidup pedesaandan nomandik berpindah dari satu daerah ke daerah yang lain guna mencari air dan padang rumput untuk binatang Gembalaan mereka, kambing dan onta.
       
B.     BEBERAPA KERAJAAN ARAB

1.        Kerajaan Saba
Kerajaan  Saba’  ini terletak di Jazirah  Arab  bagian Selatan,  yaitu  di Yaman. Kerajaan ini sangat  maju  sekali untuk  ukuran  masa itu, terutama  dalam  bidang pertanian. Dalam  upaya menyuburkan pertanian, masyarakat sudah memanfaatkan sistem  pengairan, yang terkenal  ’Saddul  Maarib’. Kerajaan ini menurut catatan sejarah terjadi pada masa  Nabi Sulaiman dengan pimpinannya Ratu Bulqis.
2.        Kerajaan Himariyah
Menurut sejarah, Kerajaan Himariyah ini adalah  kelan­jutan dari Kerajaan Saba. Kerajaan ini terletak antara  Saba dan Laut Merah tepatnya di daerah Qitban. Kerajaan  ini  seperti   halnya  Kerajaan  Saba,  juga memiliki  peradaban yang sudah maju. Pada saat itu  kerajaan ini sudah memiliki hubungan diplomatik dengan kerajaan besar seperti Bizantium dan Persia. Pada  akhirnya  kerajaan  ini  runtuh  sebagai  akibat dikuasai dan dihancurkan oleh orang-orang Habsyah (Absenia), salah raja yang terekenal adalah Abraham.
3.        Kerajaan Hirah
Kerajaan Hirah terletak  antara Kerajaan Bizantium dan Persia,  atau terletak di wilayah Irak sekarang.  Agama  masyarakat adalah Agama Nasrani Nasturia.
4.        Kerajaan Ghosasinnah
Kerajaan  ini disebut pula Ghasan, terletak di  daerah Syam.  Kerajaan  ini cukup maju,    banyak  kota-kota  yang dibangun, bangunan toko dan istana dibangun tinggi-tinggi. Sementara dalam struktur pemerintahan, umumnya sangat dekat dengan yang ada di Kerajaan Bizantium. Sementara agama masyarakatnya adalah penganut Kristen[3].

[1] http://www.hajimubarak.com/bangsa-arab-sebelum-kedatangan-islam/
[2] Ahmad Amin, Fajr Al-Islam, (Kairo:Maktabah Al-Nahdhah Al-Mishriyah, 1975), hal. 1-2
[3] Op cit, http://www.hajimubarak.com/



Labels : wallpapers Mobile Games car body design Hot Deal
Search Terms : property home overseas properties property county mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah free-islamic-blogspot-template cute blogger template free-blog-skins-templates new-free-blogger-templates good template blogger template blogger ponsel Download template blogger Free Software Blog Free Blogger template Free Template for BLOGGER Free template sexy Free design Template theme blogspot free free classic bloggerskin download template blog car template website blog gratis daftar html template kumpulan templet Honda SUV car body design office property properties to buy properti new